Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indahnya Gunung Merapi dan merbabu


Gunung Merapi dan Gunung Merbabu adalah dua gunung yang berada di gunung jawa tengah (indonesia), Dua gunung yang berdekatan tapi memiliki perbedaan aktivasi volkanologi, dimana gunung merapi masih aktif, sedangkan gunung merbabu sudah tidak aktif lagi. Gunung Merapi merupakan gunung yang memiliki tingkat jalur pendakian yang ekstrim karena jalan yang dilalui banyak batu, namun jangan khawatir jika mendaki Gunung Merapi di sekitar jalur pendakian karena banyak pepohonan sebelum sampai di pasar bubrah, tapi setelah melewati pasar bubrah jalur yang di lalui berpasir dan berbatu.
 Gunung Merapi mendaki melalui jalur dari Selo (Boyolali) di jalur yang dekat dengan banyak monyet yang berkeliaran terutama pada pagi hari di mana mereka pada mencari makan, pemandangan yang dapat menambah keindahan alam sekitarnya dengan primata yang menunggangi cabang-cabang pohon. 
 Jika kita mendaki Gunung Merapi dari base camp kita bisa melanjutkan perjalanan menuju joglo kesehatan dan kita bisa menikmati indahnya alam disekitar gunung merapi, dan kita bisa melihat indahnya gunung merbabu dari gunung merapi. Setelah istirahat di Joglo kita bisa melanjutkan perjalanan yang kiri jalan sebelah kanan adalah perkebunan masyarakat dimana perkebunan adalah masyarakat yang hidup dimana dominan menanam sayuran. 
 Setelah melewati jalan shelter kita dapat menemukan dimana percabangan tersebut adalah jalan lurus menuju pos 1, jika kita sambil mengambil jalan kita akan melalui jalur kiri yang disebut jalur kartini, ketika jalur kita melalui kartini maka kita dapat pos langsung ke II tanpa melewati pos I. 
Dari pos II tersebut kita akan melewati batu gajah, batu gajah merupakan tempat yang pas untuk berkemah karena tanahnya yang datar dan pemandangan alam sekitar yang luas untuk dinikmati. Batu gajah kita pergi ke pasar bubrah dimana jalur yang di lalui batu dan jalan berpasir. 
 Saat hujan di pasar bubrah ada goa dan bisa cukup untuk berteduh, ada goa menghadap ke selatan. Dari pasar bubrah kita bisa melanjutkan perjalanan ke Kawah Woro dan Kawah Mati, dari sana biasa kita melihat puncak Merapi yang masih mengeluarkan asap tebal. 
 
Semoga sedikit cerita hobi mendaki gunung merapi ini dapat bermanfaat bagi anda



2 comments for "Indahnya Gunung Merapi dan merbabu"