Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan dan Jalur Gunung Merapi via Selo Boyolali


(Gambar puncak merapi dari kawah mati)

Gunung merapi terletak di pulau jawa, tepatnya di jawa tengah. Gunung merapi ini merupakan gunung yang memiliki aktivitas magma yang cukup tinggi, walaupun demikian gunung merapi ini merupakan gunung yang banyak penggemarnya, dimana pada hari-hari besar seperti pada tanggal 1 januari dan 17 agustus gunung merapi sangat ramai pengunjung yang ingin meninkmati indahnya gunung merapi dan menaklukkan tinggi dan terjalnya mendaki ke puncak gunung merapi. Dan tidak kalah menariknya pada setiap tanggal 17 agustus di lereng merapi, tepatnya di selo kabupaten boyolali ada parade/karnaval kesenian tradisional (seperti: barongan, berbagai karya masyarakat sekitar, dan masih banyak kesenian seru lainnya) di sepanjang jalan desa selo kabupaten boyolali

INFO
Bagi anda yang suka mendaki dan berpetualang.


Jalur pendakian gunung merapi berawal dari selo boyolali, yang disitu terdapat basecamp merapi bagi pendaki untuk persiapan pendakian dan istirahat, di basecamp merapi tersebut juga menjual pernak-pernik/asesoris gunung merapi (seperti: kaos, stiker, gantungan kunci perlengkapan pendakian dan sebagainya) dan juga sebelum sampai basecamp terdapat joglo peristirahatan pada saat masuk jalur ke basecamp merapi. Dari basecamp merapi itu kita mulai perjalanan ke newselo yang disitu terdapat gardu pandang, dimana kita dapat menikmati keindahan gunung merbabu dari joglo new selo.



Dari newselo kita dapat melanjutkan perjalanan mendaki melewati perkebunan masyarakat disepanjang jalur menuju salter dan diatas adalah gambar pemandangan gunung merbabu dari salter merapi dan pada saat itu kami juga berpapasan dengan touris manca negara yang mendaki digunung merapi. Di jalur salter ini terdapat dua cabang jalur menuju puncak merapi, dimana bila kita ambil jalur kiri itu adalah jalur alternative yang nantinya akan langsung sampai ke pos II dan bila kita lurus itu adalah jalur utama menuju pos I (patok I)
.


Dari pos I dan pos II kita dapat melajutkan perjalanan menuju pasar bubrah yang jalurnya dapat dilihat pada gambar diatas. Disitu merupakan jalur yang berbatu dan berpasir. Jalan berbatu dan berpasir itu akan anda jumpai dan hadapi terus dari kawah mati sampai anda kepuncak garuda gunung merapi.

3 comments for "Keindahan dan Jalur Gunung Merapi via Selo Boyolali"

  1. interesting mountain

    ReplyDelete
  2. Jack.. gambar yg di Pantaran mana?

    ReplyDelete
  3. buka aj di blogs archive bulan oktober, susur sungai gunung merbabu part I...

    ReplyDelete