Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara aman untuk menggapai puncak gunung yang tanpa vegetasi

--> "Balung (Bagian Alam & Gunung)"
Indonesia memiliki banyak gunung api, yang memang keharusan bahwa puncak gunung api adalah tanpa vegetasi atau tanpa tetumbuhan. Kemudian bagaimana cara aman untuk menggapai punak gunung yang tanpa vegetasi tersebut? Hal ini yang harus diperhatikan mengingat kebanyakan gunung yang didaki di Indonesia adalah gunung berapi. Dari 51 Taman Nasional, 75% nya punya gunung api yang banyak didaki.



Karakter dari gunung api itu adalah memiliki area puncak yang tanpa vegetasi. Jika tidak mengetahui cara untuk mendaki area tanpa vegetasi, bisa berakibat fatal. Dari mulai luka - luka sampai kematian.

Harus hati - hati di sekitar kawah atau caldera. Karena itu area bahaya. Areanya licin dan banyak kemungkinan longsor. Tak heran jika ada kejadian di mana pendaki terjatuh ke dalam kawah. Bisa jadi karena longsor, bisa jadi karena terpeleset. Maka dari itu, tingkatkan kehati - hatian.

Saat mendaki usahakan untuk tidak berdekatan. Kenapa? Karena besar kemungkinannya untuk terjadi longsor di area tersebut. Usahakan untuk menginjak batu yang sudah tua alias ajeg dan tidak mudah longsor.

Satu lagi yang penting adalah tahu kondisi. Musim apa Anda pergi ke sana, seperti apa tipe puncak gunung yang sedang didaki.

Puncak gunung tanpa vegetasi juga berisiko membuat pendaki disorientasi arah. Seringnya, pendaki bingung akan jalan pulang di area yang tanpa vegetasi karena tak ada patokan. Apalagi saat puncak sedang terselubung kabut dan sejenisnya. Tak jarang juga pendaki hilang karena kebingungan.

Buatlah tindakan preventif dengan memberikan tanda di jalur yang dilewati. Bisa menggunakan warna di batu atau dahan dengan tali yang ditancap di rute. Sehingga, meski tidak ingat kembali ke mana, bisa mengikuti jalur yang telah ditandai.

Terakhir adalah, jangan memaksakan diri. Misal cuaca buruk atau terjadi sesuatu, jangan memaksakan tetap ke puncak. Selamat mendaki.... 
 Sumber: http://www.belantaraindonesia.org
 "Preserve The Universe"
-->

Post a Comment for " Cara aman untuk menggapai puncak gunung yang tanpa vegetasi"