Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gunung Talang 2597 m

Gunung talang tegak berdiri di kota Anau kabupaten Solok propinsi Sumatera Barat. Secara geografis, terletak pada sudut lintang 0°58' 42.24 Lintang Selatan dan 100°40'46.10 Lintang Timur dengan ketinggian 2597 m dpl. Gunung ini tergolong stratovolcano dan dikenal juga dengan sebutan Salasi atau Sulasi. Gunung ini mempunyai kawah yang berada pada pinggang gunung seperti halnya gunung Lawu di Jawa Tengah. Kawah ini mempunyai panjang 300m dan 30-90 lebar.

Gunung Talang bisa dicapai dari Kota Padang dengan berbagai rute sbb:
Dari Jakarta dengan menggunakan bus tujuan
kota Padang melewati jalur Sitinjau laut dan turun didesa Bukik Silek, Desa ini merupakan titik awal pendakian ke gunung Talang. Jika anda memakai angkutan udara atau laut dari Jakarta langsung menuju kota Padang, maka sebaiknya memakai rute sebagai berikut:

Rute Padang – Solok
Rute ini merupakan rute direct lansung melewati jalur jalan raya Sitinjau Laut. Dari terminal Lintas kota Padang naik mobil jurusan kota Solok melewati jalur Sitinjau Laut dan turun didesa Bukik Silek.

Rute Padang -
Padang Panjang - Solok - Bukik Silek
Rute ini merupakan rute melingkar, dari terminal bus Lintas kota Padang naik bus tujuan Bukittinggi melewati hutan lindung Lembah Anai yang terkenal dengan keindahannya, kemudian turun di kota Padang Panjang selanjutnya ganti dengan mini bus menuju kota Solok. Perjalanan dari kota Padang Panjang menuju Solok akan melewati danau Singkarak, danau ini adalah salah satu objek wisata yang terkenal di Sumatera Barat dan merupakan danau terbesar ketiga di pulau Sumatera setelah Danau Toba dan Danau Maninjau. Dari Kota solok kembali berganti kendaraan menuju desa Bukik Silek.

Rute kedua ini sebaiknya anda pilih sebagai rute untuk perjalanan ulang ke Kota Padang karena anda bisa sedikit bersantai di danau singkarak atau huan lindung Lembah Anai. Pendakian dari desa Bukik Silek jalan setapaknya berawal dari pematang sawah kemudian mulai memasuki hutan. Setelah agak lama berjalan kita akan dihadapkan oleh padang ilalang kemudian jalan setapak kembali menanjak mengikuti punggungan yang kiri kanannya jurang. Kemudian kita akan sampai pada puncak kedua dimana biasanya para pendaki mendirikan tenda. Puncak utama tidak begitu jauh lagi dari puncak kedua. Pemandangan dari puncak kita bisa melihat Kota Solok dan danau kembar yang dikenal dengan nama danau diatas dan danau dibawah yang merupakan salah satu objek wisata alam kabupaten Solok. Dan jika langit bersih akan tampak sayup-sayup gunung Kerinci.
Sumber: http://tul4lit.multiply.com

Post a Comment for "Gunung Talang 2597 m"